Berbagi Ilmu | Software | Seputar Info

Blog sederhana - semoga bermanfaaT

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Cara memperkuat sinyal Modem

Cara memperkuat sinyal Modem
Selamat malam semua :D . Di malam minggu yang turun hujan lebat ini, saya mau sedikit berbagi tips, Cara memperkuat sinyal Modem . Otomatis, jika sinyal modem kita semakin kuat, semakin menambah speed Modem kita (ya selain tergantung pada paketannya juga, kalau paketan hemat jangan harap bisa kenceng wuzz wuzz modemnya, wkwkwk). Kalau begitu, berikut ini beberapa cara untuk bisa memperkuat sinyal modem menurut pengalaman saya sendiri :

  1. Cara pertama, Memakai parabola buatan. Jadi begini, dirumah ente-ente sekalian pasti adakan yang namanya panci atau wajan, nah itu bisa dibuat menjadi parabola, dengan cara : 
    • Pertama ente harus.. (eh kok saya panggil ente ya? ah biarlah), ente harus persiapin beberapa alat, antara laen modem(wajib), panci atau wajan, kabel perpanjangan USB, alumunium foil,lem, gabus/sterofoam, kayu, paku, palu dan segelas teh anget.
    • Kedua bolongin tuh wajan atau panci tepat ditengah tengahnya, gak usah gede-gede amat, cukup sebesar spidol hitam papan tulis sekolah.
    • Ketiga potong gabus/sterofoam berbentuk lingkaran dengan diameter 8 cm aja. Lalu tepat dipusat lingkarannya dibolongin kecil, ukurannya sekepala kabel perpanjangan USB, lobang itu nanti gunanya untuk jalur nyangkutin kabel perpanjangan USB. Kalau udah tempelin gabus/sterofoamnya ke panci/wajan tepat di tengah tengah dibagian yang cekung (nempelinnya pake lem ya).
    • Keempat bungkus si modem dengan alumunium foil.
    • Keenam , kabel perpanjangan USB itu kan punya 2 kepala, yang satu buat dicolokin, yang satu buat nyolokin, nah yang buat nyolokin itu disambungin ke port USB yang ada di PC/Laptop ente, nah kepala yang buat dicolokin itu diselempitin ditengah tengah gabus yang tadi udah dilobangin dan udah nempel di tengah-tengah panci/wajan, lalu colokin modemnya disitu, oh iya, kalau bisa kabel perpanjangan USBnya beli yang puanjang, biar enak aja.
    • Ketujuh taruh parabola tadi diluar rumah (jangan cuma ditaroh doang), bikin sebuah tiang penyanggah atau sesuatu lah buat nyangkutin si parabola tadi di dinding luar rumah, atau di atap pake perkakas kayu , paku dan palu.
    • Kedelapan, jika disekitar rumah ada tower, walaupun jauh, arahkan modemnya ke tower tersebut. Jika tidak ada tower sama sekali, berdoalah semoga tahun depan ada orang telkom mau bangun tower disekitar rumah ente.
    • Kesembilan gunakan teh anget tadi untuk melepas dahaga ente setelah susah payah bikin percobaan gak jelas ini.
    • Kesepuluh, setelah tutorial ini genap di angka sepuluh, saya minta maaf karena saya lupa menulis langkah di urutan kelima.
    • Cara diatas merupakan cara ampuh untuk memperkuat sinyal modem anda, terutama anda yang tinggal diperkotaan, atau rumah padat penduduk, dimana rumah yang berdempet dempetan dimana-mana, sehingga sinyal sulit untuk didapatkan.
  2. Cara kedua ini mungkin sedikit simple dari yang diatas, cuma dengan membungkus si modem dengan alumunium foil, dan seutas kawat dililitkan di badan modem dengan menyisakan sedikit bagian kawat yang digunakan sebagai antena.
  3. Cara ketiga ini mungkin lebih simple lagi, membuat modem tetep dingin, dingin dan dingin. Karena, jika modem yang kita gunakan sedang dalam kondisi panas, maka itu akan menghambat pencarian sinyal si modem (itu menurut pengalaman saya setelah beberapa kali mencoba modem yang berbeda), bahkan jika modem itu terlalu panas, lama kelaman bisa merusak perangkat dalam, dan membuat modem rusak. Jadi jagalah modem anda tetap dingin, kalau saya dengan cara menempelkan es batu di atas modem saya :D.
  4. Cara yang terakhir ini adalah cara yang membutuhkan sedikit biaya yang agak banyak. Yaitu membangun tower disamping rumah, lalu membeli perangkat penguat sinyal, lalu ditempelin di ujung atas tower, dijamin, sinyal selalu full :D .
Oke, sekian itu tadi tips dari saya untuk memperkuat sinyal modem yang anda punyai. Semoga bermanfaat ^_^

    2 comments:

    1. Bang pake foto dong biar lebih intelaktip gitu penjelasannya :3

      http://www.juraganbendera.com/

      ReplyDelete
      Replies
      1. saran yang bagus gan, kapan kapan ane buatin plus fotonya, tapi kalau inget :p

        Delete

    Bottom Ad [Post Page]