Kepemimpinan, Komunikasi serta Hubungan sangat erat kaitannya antara satu dengan lainnya. Karena jika ingin membangun sebuah tim yang solid dan kompak, dibutuhkan beberapa point yang wajib ada dan wajib diterapkan dalam lingkungan tim tersebut. Bagaimana seorang leader dapat memimpin anggota timnya, bagaimana cara membuat komunikasi yang nyaman antara individu dengan individu lainnya dalam satu tim serta bagaimana cara mengontrol diri agar selalu berpikiran baik.
Pengertian kepemimpinan biasanya mengacu pada kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain atau membimbing pihak tertentu untuk mencapai tujuannya.Sedangkan definisi pemimpin dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pemimpin. Oleh karena itu, pemimpin harus memiliki kemampuan untuk mempengaruhi atau mengarahkan sekelompok orang / partai. Adapun beberapa definis dari beberapa para ahli sebagai berikut :
- Menurut Stoner, kepemimpinan adalah Sebuah proses dalam mengarahkan atau memengaruhi kegiatan terkait sebuah organisasi atau kelompok demi mencapai tujuan tertentu.
- Menurut Wahjosumidjo, kepemimpinan merupakan kemampuan dalam diri seseorang dan mencakup sifat-sifat, seperti kepribadian, kemampuan, dan kesanggupan. Kepemimpinan tidak dapat dipisahkan dari gaya, perilaku, dan kedudukan pemimpin bersangkutan dan interaksinya dengan para pengikut serta situasi.
- Menurut Sondang P. Siagian, kepemimpinan dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk bertindak sebagai pemimpin suatu organisasi dan mempengaruhi orang lain (terutama bawahannya). Hal ini memungkinkan mereka untuk bertindak dan berpikir ke arah tertentu sehingga mereka dapat dengan mudah mencapai tujuan mereka. Dan masih banyak lagi lainnya
Kepemimpinan adalah hal yang sangat wajib pada sebuah manajemen,
merupakan bagian penting, karena pemimpin tugasnya adalah mengarahkan
bagaimana sebuah manajemen berjalan dengan baik. Apa yang terjadi dalam
sebuah manajemen atau dengan orang yang terlibat didalamnya, sedikit
banyaknya itu karena bagaimana sang pemimpin memimpin organisasinya.
Contoh sederhananya saja bagaimana pemimpin pabrik rokok Gudang Garam
yang bisa membuat perusahaanya sangat besar sampai seperti sekarang ini.
Komunikasi adalah "proses di mana satu atau lebih orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat membuat dan menggunakan informasi untuk menjalin hubungan dengan lingkungan dan orang lain." Biasanya, kedua belah pihak dapat berkomunikasi secara verbal atau verbal. Komunikasi yang baik bisa menciptakan lingkungan yang baik juga. Didalam komunikasi diajarkan bagaimana cara memahami lawan bicara kita dalam melakukan komunikasi.
Sedangkan Hubungan Intrapersonal adalah kemampuan komunikasi dengan diri sendiri. Bagaimana mempercayai diri sendiri dengan memberikan vibe yang positif pada diri sendiri. Sebenarnya hubungan intrapersonal ini sangat erat kaitannya dengan hubungan intrapersonal, yang dimana hubungan itrapersonal bisa dimulai dengan hal sederhana seperti selalu positif ketika melihat orang lain. Itu akan membuat mindset kita bagu, tidak seketika menganggap remeh atau rendah lawan bicara kita.
Jadi kembali lagi pada kalimat pembuka diatas, seperti yang saya bilang adalah 3 point ini, Kepemimpinan, komunikasi dan hubungan intrapersonal, sangatlah berpengaruh dalam sebuah lingkungan workgroup. Setiap poin mempunyai tingkat kesulitan masing masing.
Erick Wahyudo Prakoso - 200101010002
Sistem Informasi - Universitas Siber Asia
Mantap min
ReplyDelete