Berbagi Ilmu | Software | Seputar Info

Blog sederhana - semoga bermanfaaT

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Referensi Install SQL Server di Mac OS (Dengan Docker)

Referensi Install SQL Server di Mac OS (Dengan Docker)
Selamat malam sobat Waroeng! Kali ini saya berkesempatan untuk berbagi refrensi ketika anda ingin menginstal SQL Server di Mac OS dengan Dockernya juga lho! Beberapa waktu lalu saya sudah mempraktikkannya, dan dengan sedikit makan waktu (karena install untuk pertama kali) akhirnya saya bisa menjalankan SQL Server di Macbook saya. Yak langsung aja ya ke refrensinya, skuy.

1. Default PHP Path
Kenapa kok ini jadi yang pertama? karena pengalaman saya kemarin, saya sedikit miss dengan konfigurasi db_drivernya sql server, dikarenakan saya menggunakan MAMP untuk servernya, sementara saya tidak sengaja menginstall php lagi yang terinstall pada sistem Mac OS, jadi alangkah baiknya php path kalian rubah dulu sehingga ketika melakukan command
php -v diterminal, dan
phpinfo() di file php kalian
versinya sama, dan tidak berbeda
untuk refrensinya bisa dilihat disini https://gist.github.com/irazasyed/5987693

2. Install Docker & SQL Server
Di tahap ini saya ada 2 refrensi, 1 dari blog umum dan satunya langsung dari mircrosoftnya, berikut linknya :
https://database.guide/how-to-install-sql-server-on-a-mac/
atau
https://www.microsoft.com/en-us/sql-server/developer-get-started/php/mac/

perlu diperhatikan, ketika install docker, jangan lupa mengubah settingan memmory nya ke 4GB

3. Start & Stop Services
Ada kejadian ketika docker saya close, lalu saya coba buka lagi, ternyata service sql nya tidak jalan begitu aja, perlu beberapa command di terminal agar bisa jalan dan siap dipakai, jadi lakukan aja seperti ini
docker start [nama services sqlnya]
atau
docker stop [nama services sqlnya]

ya command diatas untuk memulai dan memberhentikan service dari sqlnya


Oiya saya ada referensi lagi berbentuk video, dimana di video ini memberi tahu untuk install db driver sql server di MAMP, berikut videonya

Yap semoga artikel referensi install SQL Server di Mac OS ini bermanfaat, dan buat kalian yang sedang mencoba memasang SQL Server di macbook kalian semoga berhasil tanpa kendala. Intinya jangan nyerah kalau misal ada kendala, semua ada jalannya, tinggal niatnya aja yang harus dimantepin. Oke thanks sudah mau mampir, see you next time.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]