Berbagi Ilmu | Software | Seputar Info

Blog sederhana - semoga bermanfaaT

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Komponen - komponen dasar CPU Komputer

Komponen - komponen dasar CPU Komputer
berikut adalah beberapa komponen komponen dasar yang terdapat dalam CPU komputer :
1. CoolingFan
CoolingFan atau biasa disebut kipas pendingin adalah salah satu komponen dasar pada sebuah komputer. Fungsinya sesuai dengan namanya yaitu untuk mendinginkan bagian-bagian tertentu pada CPU Komputer yang rawan akan panas, seperti pada prosesor contohnya.

2. MainBoard / MotherBoard
Merupakan salah satu komponen terpenting dalam CPU, karena peranannya disini sebagai tempat untuk menempelkan komponen komponen lainnya CPU. Bisa dibilang MotherBoard merupakan kerangka dari komponen komponen lainnya.

3. RAM (Random Access Memory)
Sebuah komponen yang berguna sebagai tempat penyimpanan memori sementara dari program pada komputer yang sedang dijalankan. Karena fungsinya yang hanya sesaat, ketika komputer mati maka datanya akan hilang. RAM juga merupakan salah satu komponen penting dalam CPU. Jika tidak ada RAM kita tidak bisa menjalankan aplikasi, bahkan sekedar masuk ke OS pun tidak bisa.

4. Prosesor
Bisa dibilang, prosesor adalah otaknya dari sebuah perangkat komputer, tanpa ada prosesor, maka sistem komputer tidak akan bisa berjalan. Semua perhitungan pada komputer dikendalikan oleh prosesor. Perkembangan prosesor di masyarakat umum sangatlah cepat, yang dulunya dari Pentium 4, Dual-Core, lalu keluar Core-i3, dan yang paling baru adalah Core-i7. Semakin tinggi prosesor yang digunakan maka akan semakin cepat suatu sistem komputer berjalan, karena proses perhitungan dalam prosesor semakin cepat.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]