Berbagi Ilmu | Software | Seputar Info

Blog sederhana - semoga bermanfaaT

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli Laptop

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli Laptop
Selamat bermalam minggu semuanya :) . Yah, dimalam yang agak sedikit mendung ini, saya akan memberi beberapa tips ketika ingin membeli sebuah laptop baru. Tujuannya agar kalian semua tidak salah memilih laptop. Terkadang ada laptop yang dengan harga dibanderol murah banget, lah terus itulah yang jadi inceran semua orang, tetapi ternyata speknya rendah banget. Juga ada Laptop yang dikemas dengan tampilan menarik, body tipis, ringan, eh ternyata speknya juga cemen. Nah yuk simak beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli Laptop baru .



  1. Jangan tergiur Harga Murah, yah hal ini yang sangat sangat perlu diperhatikan untuk semua orang. Emang sih siapa yang gak mau harga murah (aku aja mau :p ). Tapi harus lebih selektif lagi. Dilihat dulu apa yang disajikan oleh si Laptop dengan harga murah segitu. Cek Prosesornya, dia memakai VGA apa, terus yah yang lainnya juga dicek. Dan yang sangat sangat saya sarankan adalah, belilah Laptop langsung ditempat vendor merek laptop tersebut dijual. Jadi jangan beli yang ditoko toko biasa(toko elektronik biasa). Yah aku enggak melarang, tetapi kadang bisa terjadi kasus, kalo laptop yang dijual di toko-toko elektronik biasa itu adalah hasil rakitan, atau bisa juga barang cacat terus disulap jadi baru, hiii, apa gak takut tuh kalo beli laptop gak orisinil ? Tapi enggak semua toko elektronik yang berbuat curang begitu. Jadi lebih selektif dengan harga.
  2. Prosesor yang digunakan. Yap sekarang jaman teknologi sudah canggih. Untuk ukuran prosesor standar sekarang untuk Intel adalah Intel Core i3 dan untuk yang AMD adalah AMD Athlon X2 250. Jangan mau kalau ditawari Laptop yang masil berspesifikasi Intel Core 2 Duo, Intel Centrino, Intel Dual Core, apalagi Intel Pentium 4. Bukan bermaksud mendiskriminasi ya, tetapi aku menyarankan Core i3 agar tidak ketinggalan jaman terlalu jauh. Kinerjanya juga pasti berbeda.
  3. Kecepatan Prosesor. Laptop dengan Prosesor Core i3 , Core i5 dan Core lainya sangatlah banyak, dan terkadang laptop dengan spek sama tetapi kok beda harganya satu dengan lainnya? Ya, terkadang kecepatan prosesornya dibuat berbeda-beda. Ada yang cuma 1,6 GHz , 2,0 GHz dan seterusnya. Nah untuk patokan minumnya, seenggaknya kecepatan prosesor Laptop yang akan kamu beli tadi adalah diatas 2,0 GHz , karena dijamin pasti akan enak nantinya :D .
  4. Kartu Gravis (VGA), yah salah satu yang penting lainnya adalah VGA. VGA untuk jaman sekarang ada 3 macam , Intel HD , NVidia, AMD Radeon. Untuk yang ingin laptopnya ngejos untuk gaming, pakailah NVidia atau AMD Radeon. Kalau yang untuk pekerjaan kantor biasa, Intel HD sudah cukup saya rasa.
  5. Sound . Yah mungkin ini kurang seberapa penting sih, tapi kalo yang ingin Laptopnya bersuara Ngejos, carilah Laptop yang soundnya dibandrol dengan Dolby.
  6. Hardisk . Ketika memilih Laptop, coba dilihat dulu berapa kapasitas Hardisknya. Kalau misalnya hanya 250 GB , jangan mau. Minimal sekarang itu 350 GB. Kenapa begitu ? Coba aja ini diterapkan, kamu pasti akan tau sendiri penyebabnya :D.
  7. RAM . Carilah laptop yang sudah memakai RAM DDR3. Karena emang sekarang semua spek laptop memakai yang DDR3. Lah terus minimal memorinya adalah 2GB. Kalau ingin ditambah ya silahkan. Tapi juga liat kemampuan si Laptop juga , sanggup diupgrade sampai berapa Giga RAM-nya.
  8. Port USB. Nah ketika membeli Laptop, ceklah Port USBnya disitu. Seenggaknya ada 3. Karena kalau cuma 2, pasti kelak akan repot. Dan kalau bisa salah satu Portnya memakai USB 3.0 , atau yang portnya berwarna biru.
Yah itulah tadi beberapa tips/pesan/saran dari saya ketika kalian ingin membeli Laptop baru. Jadi lebih selektif ya kalau memilih. Agar bisa awet dan tahan lama :D . Oke, see you ^_^

2 comments:

  1. Bang saya pingin Dolby HD yang kaya speaker bioskop gimana bang? haha xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, yaudah pesen aja sonoh ke vendor, terus elu ambil kalo udah jadi, kan lumayan udah gak perlu ke bioskop lagi kalo udah punya yang begitu, hehehe

      Delete

Bottom Ad [Post Page]