Berbagi Ilmu | Software | Seputar Info

Blog sederhana - semoga bermanfaaT

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Semangka Kotak, Inovasi yang tidak "Mainstream"

Semangka Kotak, Inovasi yang tidak "Mainstream"
Selamat hari minggu, selamat hari libur. Libur-libur gini enaknya ngapain ya? Apalagi panas cuacanya sekarang, kalau keluar rumah rasanya harus mikir-mikir 2x ya -_- . Hahaha kalau gitu enaknya makan yang segar-segar, seperti buah misalnya. Semangka ! ya buah yang satu itu memang cocok sekali untuk dimakan di siang hari yang panas gini. Dan identiknya semangka itu bentuknya bulat / bulat lonjong, kalau semangkanya kotak gimana jadinya -_- ?

Wah keren ya bisa kotak gini semangkanya ~.~

Semangka kotak pertama kali dikembangkan di Jepang. Nah, ide dari pembuatan semangka yang berbentuk kotak ini berawal dari pedagang-pedagang buah di Jepang. Mereka mengeluhkan sulit untuk memajang buah semangka yang mereka jual di toko mereka karena buah semangkanya sendiri bulat dan besar sehingga butuh ruang yang cukup banyak, sedangkan lapak / kios para pedagang di jepang tidaklah begitu luas. Maka dari itu, petani disana berpikir keras bagaimana cara mengatasi kesulitan itu tanpa mengambil resiko yang merugikan mereka. Dan akhirnya tercetuslah ide membuat buah semangka kotak ini.




Dengan bentuknya yang kotak ini, buah semangka akan semakin mudah untuk dipajang di kios-kios para pedagang di Jepang. Yang jadi pertanyaannya, bagaimana caranya mereka membuat buah semangka yang sebelumnya atau lazimnya berbentuk bulat lonjong bisa menjadi kotak? Kok bisa ?

Jadi begini. Para petani disana menyiapkan sebuah kotak kubus dengan ukuran yang sama semua yang nantinya dijadikan sebagai cetakan buah semangka. Biasanya kotak ini transparan (tembus pandang), gunanya agar para petani lebih mudah mengamati pertumbuhan buah semangka ini dari luar. Nah, terus buah semangka yang baru tumbuh, atau masih kecil buahnya, dimasukkan kedalam kotak kubus tersebut. Secara otomatis, pertumbuhan bentuk dari buah semangka ini mengikuti wadah kubus tersebut dan alhasil bentuknya juga menjadi kotak. Juga besarnya buah semangka tidak bisa melebihi besar kotak kubus tersebut, jadi hasilnya akan sama dan seragam semua. Metode ini ditemukan oleh petani dari Kagawa, tidak jauh dari pulau  Shikoku.


Dan ternyata, dengan bentuk kotaknya yang seperti ini, membuatnya menjadi mahal harganya di pasaran. Bahkan bisa mencapai tiga kali harga dari buah semangka biasa yang bulat. Wah luar biasa ya padahal yang membedakan bentuk, tapi harga yang kotak bisa jauh lebih mahal -_- .
Gimana? tertarik gak membuat buah semangka yang seperti ini? lumayan omsetnya tinggi lho. hehehe :D
Yah itulah tadi hasil dari perkembangan teknologi dari perubahan zaman. Inovasi seperti inilah yang diperlukan oleh semua orang agar bisa menciptakan sesuatu yang baru yang tidak membosankan bagi semua orang. 

Oke sekian artikel mengenai Semangka Kotak dari saya, terimakasih sudah mau menyimak ^_^ .








No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]