Berbagi Ilmu | Software | Seputar Info

Blog sederhana - semoga bermanfaaT

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Hal-hal yang perlu diperhatikan agar Laptop awet dan berusia panjang

Hal-hal yang perlu diperhatikan agar Laptop awet dan berusia panjang
Selamat pagi semua, selamat sabtu pagi. Alhamdulillah bisa membuat posting lagi setelah kemaren-kemaren vakum, karena masih UNAS mas bro mbak bro :D . Doakan ya saya bisa lulus dengan nilai yang memuaskan dan bisa masuk perguruan tinggi yang saya inginkan ^_^ .


Pagi ini saya akan membahas cara membuat Laptop yang kalian miliki tidak cepat rusak atau memiliki umur yang panjang. Mungkin kebanyakan dari kalian, ketika membeli sebuah laptop, hanya mengerti bagaimana cara memakainya saja, untuk hal-hal yang spesifik untuk merawatnya kalian tidak tau. Karena ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dan terkadang bisa berakibat fatal. Oke mari kita masuk ke pembahasan.

  1. Pertama-tama kita mulai dari baterai laptop. Ini merupakan salah satu yang paling penting, sumber energi bagi laptop agar bisa terus menyala. Juga pada bagian baterai-lah yang biasanya sering rusak, entah itu semakin lama semakin sedikit dayanya, atau rusak tidak terdeteksi pada laptop. Ketika menggunakan laptop dengan keadaan baterai full charge , gunakan dayanya sampai separuh, jika sudah separuh maka segeralah di charge jika masih menggunakannya lagi. Jangan menggunakan baterai ketika dalam posisi baterai critical atau habis dan dalam kondisi di charge, itu bisa membuat baterai rusak, ION yang ada didalamnya lama-kelamaan bisa habis. Jadi semisal memakai laptop sampai baterai habis bis bis, setelah itu biarkanlah laptop mati, lalu dicharge diamkan sampai penuh, cara itu bisa membuat baterai kalian tahan lama.
  2. Perhatikan kondisi tempat ketika sedang memakai laptop. Pastikan kondisi sekitar aman dari air, api, pasir atau lainnya yang bisa membuat kerusakan yang fatal. Jangan sering-sering menggunakan laptop di luar ruangan terbuka, apalagi ditempat yang banyak debunya, karena pasir-pasir halus secara kasat mata akan masuk ke sela-sela mesin laptop dan membuat bagian dalam laptop berdebu, dan yang paling bahaya jika menyumbat saluran pembuangan angin. Jika saluran pembuangan angin tersumbat debu, maka kinerja tidak maksimal, angin yang keluar terhambat di dalam mesin, dan membuat laptop cepat panas, membuat mother board panas dapat menyebabkan kerusakan, juga bisa membuat laptop mati seketika karena over heat .Jika sudah terlanjur seperti itu, hal yang kalian harus lakukan adalah dengan membersihkan saluran pembuangan angin, dengan membongkar laptop kalian. Jika masih bergaransi, bisa minta tolong ke tempat servis laptop vendor laptop kalian, jika sudah tidak bergaransi, kalian bisa membongkarnya sendiri.
  3. Ketika memakai laptop dikamar, jangan ditaruh diatas kasur, bantal, atau guling. Sebaiknya kalian memakai coolingpad sebagai alas laptop kalian. Menaruh laptop diatas kasur, bantal atau guling membuat laptop kalian cepat panas. Karena panas yang dikeluarkan akan terjebak disekitar laptop dan tidak dialirkan.
  4. Untuk laptop yang memiliki CD/DVD-Room , ketika kalian membawanya didalam tas, usahakan bagian Optical Drive tersebut berada di atas, jadi jangan sampai dibagian bawah, karena itu bisa menyebabkan bagian Optical Drive tersebut bisa rusak.
  5. Jangan terlalu sering memakai laptop untuk dipakai nge-game permainan yang berat-berat. Karena disarankan untuk ngegame lebih cocok memakai komputer saja. Walaupun laptop kalian ditulisi cocok buat nge-game , speknya tinggi bagus buat nge-game , lebih baik nge-gamenya di komputer saja. Karena kerusakannya berjangka panjang dan akan terasa dijauh-jauh hari.
  6. Untuk membuat speaker dilaptop awet, jangan menyetel/memainkan musik dengan suara full/tinggi. Jika berkeinginan begitu, lebih baik menggunakan Sound/Speaker eksternal saja. Karena jika menggunakan speaker laptop dengan suara tinggi, akan mengakibatkan lama-kelamaan suara yang dikeluarkan akan pecah-pecah.
  7. Gunakan laptop sebijak mungkin dalam pemakaiannya, jangan terlalu over. Saya sarankan maksimal pemakaiannya 8 jam, lalu setelah itu biarkan beristirahat selama 4 jam. Pemakaian laptop terlalu over akan memberi dampak buruk bagi laptop kalian.
Nah, beberapa cara diatas bisa diterapkan, karena , yah... bisa membuat laptop kalian lebih awet dan berumur panjang. Yang penting dari semuanya itu, harus bijak dalam pemakaiannya, jangan asal pakai, dipakai terus menerus, tapi juga dirawat agar kondisinya prima terus :D .
Oke sekian dari saya, makasih sudah mau menyimak ^_^

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]