Berbagi Ilmu | Software | Seputar Info

Blog sederhana - semoga bermanfaaT

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Penyebab terjadinya BSoD ( Blue Screen of Death )

Penyebab terjadinya BSoD ( Blue Screen of Death )
Selamat pagi, selamat weekend semuanya. Pagi-pagi gini enaknya nyantai, atau olahraga juga boleh biar badan sehat ^_^ , atau nonton TV bersama keluarga, atau bahkan ada yang lagi didepan Laptop sedang liat video, maen game, atau bahkan lagi ngerjain tugas :D . Nah, lalu tiba-tiba muncul tampilan seperti ini di laptop atau komputer kalian ...
 atau begini ...
Nah jangan kaget, jangan takut, apalagi sampai bunuh diri. Itu namanya adalah BSoD . Apa itu ? BSoD adalah notifikasi atau pesan Error yang muncul pada Sistem Operasi Windows ketika terjadi suatu kegagalan atau kesalahan sistem yang tidak bisa di recover. Nah pesan yang ditampilkan saat BSoD itu bermacam-macam, berikut adalah beberapa pesan yang ditampilkan :

  1. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0x00000023). Pesan ini berarti ada kesalahan pada partisi harddisk, bukan pada harddisk-nya.
  2. DATA_BUS_ERROR . Pesan ini disebabkan oleh slot memory di motherboard terganggu atau rusak.
  3. PEN_LIST_CORRUPT. Pesan ini disebabkan oleh kerusakan pada RAM.
  4. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A). Pesan ini biasanya disebabkan dari ketidak cocokan driver yang di-instal pada laptop / komputer kalian. Tidak semua Driver bisa compatible/cocok. Misalnya kalian mengganti sebuah VGA Card yang lama dengan VGA Card yang baru tetapi kalian tidak meng-uninstall driver VGA Card yang lama. Hal ini mungkin bisa menyebabkan BSoD.
  5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA. Pesan ini disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card (VGA), atau memory Prosesor (L2 Cache).
  6. MACHINE_CHECK_EXPECTION. Pesan ini disebabkan oleh cacatnya pada CPU, atau hardware yang di-overclock secara agresif, serta power supply (Power Supply Unit/PSU) yang kekurangan daya atau rusak.
  7. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F). Pesan ini disebabkan oleh overclock hardware, komponen di dalam laptop/ komputer yang terlalu panas, BIOS yang korup, atau prosesor yang cacat.
  8. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE. Pesan ini disebabkan oleh kesalahan dalam meng-konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.
  9. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE. Pesan ini disebabkan oleh instalasi driver Video Card (VGA) yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau dapat juga dikarenakan kesalahan dalam instalasi driver.
  10. BAD_POOL_CALLER. Pesan ini disebabkan oleh driver yang tidak compatible/cocok.
Nah, untuk penyebab lebih lanjut kenapa terjadi BSoD adalah sebagai berikut :
  • Error pada RAM. Biasanya BSoD karena hal ini sudah sangat umum dan sangat mudah untuk dipahami. Misalnya ketika kalian menjalankan aplikasi yang berat, lalu munculah si BSoD, atau bisa dilihat saat melakukan installasi windows, belum selesai, sudah keluar BSoD.
  • Bad Sector Hard Disk Drive. Ada kemiripan dengan error memory. Gejalanya bisa dirasakan ketika menjalankan aplikasi pada windows terasa amat sangat lambat. Lalu terdengar suara aneh seperti gesekan pada HardDisk dikarenakan ada gesekan piringan di dalam HardDisk tersebut.
  • Kabel konektor pada Hard Disk. Nah bagi yang punya Komputer, dan senang membongkar-bongkar, terlalu sering mencabut kabel konektor pada Hard Disk dapat menurunkan kecepatan transfer data dari atau ke Hard Disk. Hard Disk juga memiliki tingkat kerawanan terhadap error.
  • Power Supply Erorr. Power supply yang error bisa mengakibatkan BSoD juga.
  • Akibat Over Clocking. Umumnya beberapa gamers mungkin memahami dengan yang satu ini. Overclock adalah pengoptimalan dari kerja computer standar ke kinerja yang lebih tinggi / menambah performa laptop / komputer. Bila di antara komponent tidak memberi dukungan dengan usaha over clocking, kemungkinan di antara komponen tidak dapat bekerja cocok dengan hitungan matematika. Maka, menu bios harus  di-reset / dikembalikan setingannya ke situasi standard/semula. 
  • MotherBoard Error. Moterboard yang sudah tidak normal juga dapat mengakibatkan komputer BSoD.
Itu tadi sedikit pembahasan tentang BSoD, semoga bisa bermanfaat agar dikemudian hari ketika mengalami ini, kalian tidak kaget dan mengerti kenapa itu bisa terjadi. Oke terimakasih sudah menyimak ^_^ .

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]