Berbagi Ilmu | Software | Seputar Info

Blog sederhana - semoga bermanfaaT

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Beberapa cara mempercepat Kinerja Windows 7

Beberapa cara mempercepat Kinerja Windows 7
Selamat pagi, selamat hari minggu. Pagi ini saya akan berbagi info seputar IPTEK. Nah saya akan berbagi info bisa juga dibilang tips, beberapa cara mempercepat kinerja windows 7 di laptop atau komputer yang kamu miliki. Mungkin beberapa dari kalian sering merasakan kinerja OS windows 7 anda semakin hari semakin lambat, mulai dari saat menghidupkan OS atau biasa di sebut start up, menjalankan program-program di dalamnya, bahkan sampai shutdown pun ada yang lama. Itu semua bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya :

  • Memory yang tertancap pada laptop atau komputer anda sangat kecil (RAM)
  • Terlalu banyak registry sampah yang menumpuk di dalam system 
  • Terlalu banyak aplikasi yang tidak berguna terisntal
  • dan masih banyak lagi
Nah, mungkin beberapa faktor diatas, bisa saja terjadi di laptop atau komputer kalian. Tenang saja ada beberapa cara jitu supaya OS windows 7 kalian bisa berjalan lancar seperti pertama kali diinstal OS windows 7, oke simak beberapa tips berikut :






  1. Pertama pastikan dulu windows kamu sudah original atau belum, alias sudah genuine atau belum, kalo misalnya masih belum, segera di bikin genuine, yah terserah mau gimana caranya :D . Dari pengalaman saya sih, saya pernah memakai OS windows 7 saya dalam keadaan tidak genuine, dan alhasil, performa yang dihasilkan kurang sempurna, terkadang mengalami lag , lama respon dan lain sebagainya.
  2. Tambahkan RAM. Untuk takaran RAM pada Windows 7 sekitar 2 GB kalau ingin tidak mengalami lag. Memang sih 1 GB sudah cukup mengangkat di OS ini, tapi kurang sempurna performanya.
  3. Installah aplikasi seperlunya kalian, jangan menginstal aplikasi yang tidak berguna. Andai kata sudah terlanjur, inspeksilah aplikasi-aplikasi anda dan di uninstall kalau perlu, dengan cara : Klik start > Pilih Control Panel > pada pilihan "view by" pilih yang "Category" > lalu cari menu uninstall program , nah maka akan keluar jendela seperti ini . 
    nah dari situ kalian bisa memilih program yang ingin kalian uninstal.
  4. Usahakan meminimalisirkan icon icon yang terdapat pada layar desktop kalian, karena itu juga bisa mengganggu kecepatan performa OS kalian, walau hanya sedikit, tapi itu berpengaruh juga mas bro mbak bro.
  5. Cermat dalam memakai tema pada OS windows kalian. Jangan hanya ingin memperindah tampilan destop kalian, tapi performa yang harus di korbanin. Jadi cermat-cermat dalam memakai tampilan. Tapi saya punya saran memakai tema yang super ringan, yaitu cukup memakai tema Windows Classic.
  6. Mematikan efek-efek animasi pada Windows 7. Kita bisa mematikan efek-efek itu pada Windows 7 agar dapat menambah performa OS ketika berjalan dengan cara : Klik start > pilih Control Panel lalu klik > pada pilihan "view by" pilih yang "Category" > Pada kategori System kalian klik menu yang bertuliskan "Check the Windows Experience Index" > lalu dibagian kiri jendela ada beberapa menu, pilih yang "Adjust Visual Effects". 
    Lah, kalau pakai pengaturan default, maka disitu akan tertuju pada option pertama, kalau ingin mengarah ke tampilan maka option ke dua, dan untuk performanya yang diperhatikan maka ke option tiga, kalau saya sih memakai option costum dan membiarkan "Show thumbnails instead of icons" tetap tercentang. Kalian boleh melakukan hal yang sama seperti saya.
  7. Mematikan program-program saat start up windows. Ada beberapa software yang kita instal, langsung berjalan ketika windows dinyalakan. Mungkin sebagian dari anda tidak mengetahuinya. Nah dari situ, jika program itu banyak, maka akan otomatis meperlamban proses ketika start up. Nah itu bisa diatasin dengan cara berikut : Tekan tombol Windows + R > ketik "msconfig" lalu enter > masuk ke bagian submenu Startup. 
    Disitu anda bisa memilah-milah  program mana yang di-Disbale saat Start Up.
  8. Jangan memakai 2 Antivirus dalam 1 OS !! ya, karena itu bisa memperlambat kerja RAM. Karena Antivirus itu membutuhkan kerja RAM yang cukup banyak lah. Jadi cukup pakailah 1 antivirus yang paling tepat dan juga ampuh dalam membasmi hama. Recommended dari saya : Antivirus Eset atau Avast.
  9. Melakukan Defrag hardisk. Defrag dapat meningkatkan kecepatan membaca data komputer karena tersusunnya data secara rapi pada hard disk. Selain itu defrag juga dapat mengakomodasi kestabilan dan kondisi hard disk. Dapat dilakukan dengan cara membuka My Computer > pilih salah satu partisi lalu klik kanan pilih propertis > Pilih submenu Tools > Pilih menu DefragMent Now. Disitu kalian bisa memilih melakukan Analisis Hardisk dahulu atau langsung melakukan Defrag.
  10. Membersihkan registry, cache, cookies, atau lain sebagainya. Ketika anda menguninstal sebuah program, anda tidak membersihkannya sampai akar, nah akarnya ini bisa berupa registry itu sendiri. Nah jadi bayangkan kalau anda menguninstal banyak program, tapi registrynya masih tertinggal dan diam dalam sistem OS anda. Lama kelamaan akan menumpuk dan membuat kinerja OS anda melamban. Nah itu semua bisa diatasi dengan bantuan software. Banyak Software diluar sana yang menyediakan jasa untuk membersihkan Registry, Junk File, atau lain sebagainya, seperti CCleaner, Windows 7 Manager, Advanced System Pro, dan lainnya.
Diatas adalah beberapa cara saran dari saya untuk mempercepat kinerja OS windows 7 yang kalian punya. Semoga bisa bermanfaat. Oke sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat ^_^








    4 comments:

    1. Wah mantab ,udah ngikutin Step step nya jadi ringan amat pass start up , buka buka file juga udah ga ngelag lagi, Tq Waroeng Erick Ditunggu Post bermanfaat selanjutnya! xD

      ReplyDelete
    2. bentar gan ane coba dulu, btw nice share :D

      ReplyDelete

    Bottom Ad [Post Page]